Memahami Istilah Cyberthreat

Sering kita dengar permasalahan cybersecurity berkaitan erat dengan privasi data serta integritas data, segala macam bentuk ancaman yang dilakukan melalui media komputer dan jaringan internet dapat dikelompokkan ke dalam sebuah istilah yang disebut cyberthreat.

Memahami secara definisi, threat secara harfiah berarti ancaman, segala macam potensi terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan dikarenakan ada celah ataupun ada pihak yang ingin memanfaatkan celah tersebut dengan tujuan tertentu. Sehingga istilah cyberthreat merupakan ancaman yang dilakukan melalui media komputer dan jaringan internet yang bertujuan untuk memperoleh informasi dan menggunakannya untuk tujuan tertentu. Berdasarkan pada modus operandi yang ada, cyberthreat dapat dikelompokkan menjadi empat jenis, cyberespionage, cyberwarfare, cybercrime, dan cyberterrorism (Sutedja, 2015). Meskipun secara prakteknya, keempat jenis cyberthreat tersebut timpang tindih satu sama lain dan cenderung dilakukan secara bersamaan membentuk suatu kesatuan.

Cyberespionage

Espionage secara harfiah berarti spionase atau pengintaian, dimana tujuan utama dari sebuah pengintaian adalah untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan, maupun digunakan untuk menjatuhkan pihak lain.

Cyberespionage sedikit berbeda dengan bentuk spionase pada umumnya, namun lebih bertujuan untuk mendapatkan data sensitif dan rahasia dari suatu pihak, maupun hak milik intelektual suatu objek, dengan tujuan untuk mempergunakannya sebagai alat untuk menjalankan sebuah tindakan yang tidak bertanggungjawab.

Cyberwarfare

Warfare berarti peperangan, secara jelas menunjukkan bahwa cyberwarfare adalah sebuah tindakan peperangan yang dilakukan melalui media komputer dan jaringan internet. Cenderung dilakukan dalam skala besar, cyberwarfare cenderung menggabungkan elemen cyberespionage untuk menjatuhkan posisi lawan secara informasi dan dilanjutkan dengan menyabotase jaringan internet dari pihak bertentangan, aksi berupa denial-of-service attack (DoS) attack termasuk ke dalam salah satu bentuk dari cyberwarfare, hanya saja dilakukan dengan skala yang jauh lebih besar.

Bentuk lain dari cyberwarfare adalah pengintegrasian informasi yang dicuri melalui cyberespionage dan menggunakannya sebagai bentuk propaganda. Adapun bentuk propaganda dapat berupa penyebaran berita palsu secara masal dengan tujuan untuk mengubah sudut pandang masyarakat, pemberitaan yang cenderung memihak dan menjatuhkan pihak lainnya, maupun pembentukan situs palsu dengan tujuan untuk membuat publik bingung dengan keabsahan informasi yang ada.

Cybercrime

Cybercrime merupakan segala bentuk kejahatan kriminal yang dilakukan dengan bantuan, atau berbasis komputer, baik sebagai media bantu, maupun sebagai alat utama suatu kegiatan kriminal. Cybercrime memiliki skala yang sangat luas dan bahkan dapat dijadikan sebuah artikel tersendiri. Secara garis besar, cybercrime lebih mengedepankan hasil berupa uang dibandingkan informasi maupun mempengaruhi masyarakat.

Cyberterrorism

Cyberterrorism adalah bentuk terorisme yang dilakukan untuk mengancam, merusak kemaslahatan, maupun membuat kerusuhan di sebuah kelompok masyarakat untuk merusak tatanan sosial yang ada dengan tujuan tertentu. Cyberterrorism cenderung bertujuan untuk menggunakan informasi sebagai senjata untuk mengubah pandangan masyarakat umum dan cenderung digunakan secara politis dan mengubah pola pikir secara radikal.

Sign Up for Our Newsletters

Get the recent Newsly updates to your mailbox.

You May Also Like

Hacker, Dipenjarakan atau Dipekerjakan?

Beberapa tahun belakangan ini, banyak di berbagai media online memberitakan sekumpulan remaja…

Sudah Siapkah Startup di Indonesia akan Serangan Cyber Fraud?

Seringkali ketika menjumpai CTO (Chief Technology Officer) dari berbagai startup di Indonesia, yang…

Kasus Pencurian Kartu Kredit di Indonesia dan Objek Kambing Hitam yang Keliru

Mengutip dari Wikipedia, Sistem kartu kredit adalah suatu jenis penyelesaian transaksi ritel (retail)…

Pelaku Cyber Fraud di Indonesia yang Didominasi oleh Usia Muda

Sejak tahun 2010, saya tergabung di berbagai komunitas underground di Indonesia. Sebagian…