Apresiasi Pemkot Bengkulu Terhadap Layanan Darurat 112

0
37

Spoiler.id – Pemerintah Kota Bengkulu (Pemkot) Bengkulu selama tahun 2023 telah memberikan bantuan kepada 114 warga melalui layanan panggilan darurat dengan nomor 112.

Dari ribuan panggilan yang masuk, 114 di antaranya adalah panggilan darurat yang langsung ditangani oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Sedangkan sisanya, hanya panggilan iseng belaka yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Menurut Kepala Bidang E-Government Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bengkulu, Wiwik Winarti, petugas 112 tetap memberikan pelayanan yang sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku, meskipun panggilan tersebut hanya iseng.

Namun, jika terdapat panggilan yang masuk secara berulang kali dari nomor yang sama, pihaknya akan memblokir nomor tersebut untuk menghindari gangguan yang berkelanjutan.

“Panggilan darurat ini merupakan layanan untuk masyarakat, oleh karena itu kami mengimbau agar warga tidak ragu untuk menggunakannya,” ujar Wiwik.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Bengkulu, Arif Gunadi, menegaskan bahwa layanan panggilan darurat 112 terus memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Ia berharap agar layanan ini tetap menjadi yang terbaik di Kota Bengkulu sebagai tempat pertama untuk melaporkan keadaan darurat. Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan masyarakat untuk mengingat satu nomor darurat yang dapat dihubungi dalam situasi darurat, bahkan jika ponsel mereka terkunci.

Layanan panggilan darurat 112 ini terhubung dengan berbagai OPD di Kota Bengkulu, seperti Pemadam Kebakaran (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes), RSUD, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), serta instansi vertikal seperti Polresta dan instansi/lembaga terkait lainnya.

 

Pewarta: Yulisman
Editor : Man Saheri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here